10 Bahasa Paling Sulit Dipelajari Di Dunia


Di dunia ini terdiri dari berbagai macam ras, suku dan bangsa, masing-masing memiliki bahasa yang digunakan sebagai media komunikasi sehari-hari. Taukah kamu jika diseluruh dunia bahasa yang dituturkan mencapai 6.912 bahasa dan jumlah tersebut masih akan terus bertambah seiring munculnya beberapa bahasa baru dan dapat berkurang juga karena beberapa bahasa yang punah atau tidak digunakan.

Tapi taukah kamu jika 10 bahasa berikut merupakan bahasa paling sulit untuk dipelajari di dunia. Karena butuh ketekunan untuk dapat menguasainya. Berikut 10 bahasa tersulit di dunia.
1. Bahasa China (Mandarin)
Peringkat satu diduduki oleh Bahasa China (Mandarin), bahasa ini digunakan secara resmi di China dan Taiwan. Di negara China sendiri bahasa China yang digunakan dibagi menjadi dua, yaitu bahasa Mandarin dan Kanton, tapi yang paling umum dan banyak digunakan adalah bahasa Mandarin.

Pengucapan dan intonasi dari setiap kata menjadi kesulitan dalam mempelajari bahasa Mandarin. Dan intonasi yang digunakan dibagi menjadi 5, yaitu:
  • Intonasi nada tinggi
  • Intonasi nada meninggi atau meningkat
  • Intonasi nada menurun kemudian meninggi
  • Intonasi nada menurun
  • Intonasi nada datar
Selain intonasi dan pengucapan, hal yang tidak kalah sulit untuk dipelajari pada bahasa Mandarin adalah banyaknya jumlah karakter kata yang berjumlah 80.000 karakter dan setidaknya jika kamu ingin lancar dalam hal melakukan percakapan atau membaca maka kamu harus menghafal minimal 3.000 -3.500 kata. Dibutuhkan 3.000 kata untuk dapat membaca 1 koran dengan bahasa Mandarin.

"Bahasa Mandarin"


2. Bahasa Arab
Urutan kedua adalah bahasa Arab/Arabic, dikatakan sulit karena bahasa Arab sendiri memiliki berbagai macam dialek. Setidaknya ada 13 macam dialek yang digunakan pada bahasa Arab dalam percakapan sehari-hari dan percakapan umumnya.
Dalam hal penulisan pada bahasa Arab, kamu harus membiasakan menulis dimulai dari kanan ke kiri berbeda dengan penulisan pada umumnya dari kiri ke kanan. Dan bahasa Arab juga memiliki konsonan plural yang berbeda-beda, sebagai contoh jika dalam bahasa Inggris menyatakan sesuatu yang jamak/lebih dari satu, maka kamu hanya tinggal menambahkan huruf s diakhir kata. Berbeda dengan bahasa Arab, contoh student =talib dan student = tulab.


"Bahasa Arab"



3. Bahasa Jepang
Dalam bahasa Jepang menggunakan 3 karakter utama yang biasa digunakan yaitu Hiragana, Katakana dan Kanji. Karakter Kanji sendiri memiliki kemiripan dengan bahasa China, jika pada bahasa China kamu harus menghafal 3000 kata maka pada Kanji kamu cukup menghafal 2000 kata.

Hiragana dan Katakana sendiri memiliki 46 karakter maka totalnya menjadi 96 karakter dan ditambah dengan pengucapan nada menjadi 102. Pada bahasa Jepang tidak memiliki intonasi nada khusus berbeda dengan bahasa pada umumnya. Namun beberapa kata pengucapannya memiliki intonasi sendiri yang berhubungan dengan perasaan. 



Dibalik kesulitannya ternyata bahasa Jepang memiliki kemudahan tersendiri, sebagai contoh bila kita akan menanyakan sesuatu kepada seseorang maka akan menggunakan subjek dan objek tapi tidak pada bahasa Jepang, kamu hanya menggunakan satu kata tersebut. Contoh, "Apakah kamu sudah makan?" dan pada bahasa Jepang kamu cukup bertanya dengan kata "tabeta?" (tabeta=makan).


"Bahasa Jepang"



4. Bahasa Korea
Diurutan keempat ditempati oleh Bahasa Korea sebagai bahasa yang paling sulit dipelajari, akan tetapi bahasa Korea sendiri memiliki konsonan yang mudah dipelajari. Bahasa korea merupakan gabungan antara kata konsonan dan vokal, terdiri dari 19 kata konsonan dan 21 kata vokal.



Untuk menunjukan penghormatan kepada seseorang yang lebih tua bahasa Korea menggunakan pengucapan yang berbeda. Pada awal dan akhir percakapan biasanya kata penghormatan tersebut digunakan. Tata bahasa yang kompleks, kata penghormatan dan susunan kata yang berbeda menjadi kesulitan tersendiri bagi orang Eropa yang ingin belajar bahasa Korea.


"Bahasa Korea"



5. Bahasa Yunani
Di nomor lima ada bahasa Yunani sebagai bahasa paling sulit dipelajari di dunia. Taukah kamu jika 30% kosakata bahasa Inggris berasal dari bahasa klasik Yunani. Umumnya kata teknikal dan kata yang berhubungan dengan hal ilmiah yang berasal dari bahasa klasik Yunani. 

Bahasa Yunani sendiri memiliki bahasa yang menunjukan karakter gender tersendiri seperti lelaki, perempuan dan netral. Sehingga untuk pengucapannya sendiri digunakan pada akhir kalimat untuk menunjukan secara langsung kepada siapa kita berbicara. Pengaruh mood, orang, angka dan keadaan dalam pengucapan kata kerja.



Berbeda dari biasanya bahasa Yunani memiliki alphabet yang berbeda, sebagai contoh dalam Yunani huruf R memiliki kemiripan seperti huruf P. Untungnya jika kamu berhasil menghafal huruf tersebut kamu bisa membaca tulisan Yunani.


"Bahasa Yunani"


6. Bahasa Hurangia
Bahasa Hungaria sendiri memiliki 3 jenis huruf vokal yaitu vokal depan, vokal belakang dan campuran vokal. Huruf vokal depan terdiri dari e, é, i, í, ö, ?, ü, ? sedangkan huruf vokal belakang terdiri dari a, á, o, ó, u, ú. Bahasa Hungaria tidak memiliki kata khusus untuk membedakan jenis kelamin dan hanya terdapat 3 kata waktu yaitu masa lalu, saat kini dan masa depan.



Berbeda dengan bahasa Inggris yang biasa kamu gunakan, bahasa Hungaria memiliki perbedaan pengucapan. Sebagai contoh, kata 'S' dalam pengucapan memiliki bunyi seperti 'Sz' sedangkan untuk kata 'S' sendiri memiliki bunyi 'Sh'.




7. Bahasa Thailand
Bahasa Thailand sulit dipelajari dikarenakan penggunaan penulisan hurufnya, sebagian besar orang yang mempelajari bahasa Thailand hanya mempelajari pengucapan keseharian dan kosa katanya, sedangkan untuk penulisannya banyak orang yang tidak mempelajarinya sama sekali. Penulisan huruf Thailand memiliki simbol tersendiri yang harus kamu hafal.

Dan bahasa Thailand dikategorikan sulit karena bahasa ini memiliki total 46 kata dan terdapat 5 intonasi nada, yaitu sedang, rendah, tinggi, menaik dan menurun. Tidak semua kata memiliki 5 intonasi nada, namun minimal memiliki 1 intonasi nada.


"Bahasa Thailand"


8. Bahasa Finlandia
Memiliki beberapa karakter spesial pada huruf ö dan ä. Kesulitan lain dari bahasa Finlandia ini adalah terdapat beberapa kata yang memiliki panjang kata yang sulit untuk diucapkan salah satunya seperti "Lentokonesuihkuturbiinimoottoriapumekaanikkoaliupseerioppilas" yang memiliki arti dalam bahasa Inggris:
  • Lentokone = airplane (pesawat terbang)
  • Suihku = jet 
  • Turbiini = turbine (turbin)
  • moottori = enginee (mesin)
  • apu = assistant (asisten)
  • mekaaniko = mechanic (mekanik)
  • aliupseeri = non-commissioned officer (Bukan Petugas Komisaris)
  • oppilas = student (murid)

Bahasa Finlandia sendiri tidak memiliki pengucapan kata yang berbeda disetiap katanya. Kam cukup menyebutkan kata tersebut berdasarkan apa yang kamu lihat. Anda dapat mencoba kata diatas tersebut mungkin saja kamu dapat menyebutkannya dengan lancar. 



9. Bahasa Hindi
Bahasa yang digunakan terbanyak setelah Bahasa Mandarin dan Inggris ini merupakan saudara kembar bahasa Urdu. Bahasa Hindi sendiri berasal dari kata dalam bahasa Persian yaitu Hind yang berarti "Land of the Hindu River". Bahasa Hindi digunakan hampir sebagian di wilayah India, dan bahasa resmi kedua di India sendiri adalah bahasa Inggris.

Dikarenkan bahasa Inggris menjadi bahasa resmi kedua di India, maka tidak heran jika beberapa kata dalam bahasa Hindi memiliki kesamaan dengan bahasa Inggris, seperti guru, jungle, yoga dan thug. Perbedaan gender yang mempengaruhi kosakata yang digunakan menjadikan bahasa Hindi memiliki tata bahasa yang cukup sulit.


"Bahasa Hindi"


10. Bahasa Estonia
Berbeda dengan bahasa Inggris dan bahasa Mandarin yang digunakan oleh banyak orang, bahasa Estonia sendiri tidak begitu banyak orang yang mempelajarinya dikarenakan bahasa Estonia hanya digunakan di negara Estonia. Bahasa Estonia sendiri dan Finlandia memiliki kemiripan hubungan bahasa walaupun tata bahasa Estonia tidak sesulit bahasa Finlandia dan tata bahasanya lebih sederhana dibandingkan dengan tata bahasa Finlandia.



Bahasa Estonia memiliki 3 jenis vokal, yaitu:

  • Short n, contohnya Lina memiliki arti Linen
  • Long n, contohnya linna memiliki arti kota
  • Extra long n, contohnya 'Linna memiliki arti memasuki kota
Meskipun ketiga kata tersebut memiliki kata yang sama namun dalam pengucapan biasanya akan terasa sulit terdengar perbedaan percakapan dari setiap kata. 


"Bahasa Estonia"


EmoticonEmoticon