10 Tips Sehat dan Bugar Selama Puasa


"Puasa"


Selama bulan Ramadhan seluruh umat Muslim diwajibkan menjalankan ibadah puasa, selain menahan hawa nafsu puasa juga menahan lapar dan haus selama kurang lebih dua belas jam lamanya. Puasa selain sebagai ibadah juga memiliki manfaat lain seperti memberikan manfaat kepada kesehatan tubuh. 

Berpuasa di siang hari dengan mengkonsumsi dan pola makan disiasati dengan benar akan bermanfaat pada tubuh. Berikut 10 tips sehat selama puasa.

1. Ketika sahur utamakan makan sahur di akhir waktu, 1 jam atau 30 menit sebelum waktu imsak, hal tersebut dilakukan berguna untuk menunjang puasa di siang hari. Selain itu makan sahur di akhir waktu lebih diutamakan berdasarkan sunah Rasul.

Baca juga: 10 Burung Tercantik Di Dunia

2. Ketika makan sahur hendaklah makan dengan porsi normal dan jangan berlebihan. Atur komposisi makanan dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan karbohidrat kompleks dan protein serta ditambah dengan sayuran dan buah. Untuk mencegah dehidrasi selama puasa alangkah baiknya menyantap makanan yang mengandung banyak air.

3. Dengan segelas susu berguna untuk menambah nutrisi pada tubuh anda, ditambah dengan suplemen atau vitamin.


"Segelas Susu"

4. Hindari atau kurangi makanan yang banyak mengandung banyak gula, karena akan membuat badan menjadi lemas di siang hari.

Baca juga: 30 Fakta Golongan Darah A

5. Konsumsi air secara cukup dengan minum 3 hingga 5 gelas akhir menjelang waktu imsak dan hindari minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan teh karena bersifat diuretik dan dapat membuat tubuh kehilangan cairan lebih cepat melalui urinasi.


"Segelas Air"


6. Sempatkan untuk mengistirahatkan tubuh, dan mengganti waktu tidur yang kurang karena bangun lebih awal pada saat sahur. Sebagai pengganti waktu tidur/istirahat gunakanlah waktu setelah selesai sholat zuhur karena merupakan waktu yang tepat untuk istirahat.

7. Saat panas siang hari, hindarilah berlama-lama diterik matahari dan kurangi kegiatan fisik.

8. Sempatkan waktu sore hari untuk berolah raga ringan seperti besepeda, jalan sore atau yoga. Berguna untuk menjaga kebugaran tubuh dan memperlancar peredaran darah.

Baca juga: 30 Fakta Golongan Darah O

9. Jangan makan berlebihan saat berbuka puasa, berbukalah dengan yang manis sesuai dengan sunah Rasul seperti buah kurma dan minuman yang manis seperti susu, jus buah atau sekedar air putih. Minumlah dengan cukup sebagai pengganti cairan tubuh yang hilang selama berpuasa.

10. Hindari makan gorengan berlebihan, dan jangan terlalu makan makanan pedas agar perut tidak mules dan mengganggu pencernaan tubuh.

Jadi sudahkan Anda melakukan cara diatas untuk menunjang ibada puasa Anda agar tetap sehat dan bugar.
    

Belum ada Komentar untuk "10 Tips Sehat dan Bugar Selama Puasa"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel