5 Fakta Menarik Aurora Yang Indah


"Aurora"

Aurora, peristiwa alam yang dapat ditemukan di wilayah kutub. Aurora terjadi disebabkan medan magnet bumi berinteraksi dengan partikel bermuatan dari matahari. 

Aurora dapat terjadi ketika proton dan elektron mengalir keluar dari permukaan matahari menuju ke medan magnet bumi. Akibat bermuatan maka partikel-partikel ini bergeral spiral sepanjang medan magnet dengan partikel proton bergerak searah dan elektron berlawanan arah. 




Kutub magenitik bumi menjadi pusat aurora, dibelahan bumi utara, zona aurora terbentang sepanjang pantai utara Siberia, Skandinavia, Islandia, ujung utara Kanada, Greenland dan Alaska. Berikut fakta menarik aurora yang indah.

1. Dapat Terlihat Dari Luar Angkasa
Menyaksikan panorama aurora yang cantik dapat dilihat dari luar angkasa, para astronot dapat menyaksikan pemandangan luar biasa itu ketika badai matahari intens yang terjadi di wilayah medan magnet bumi. Karena partikel bermuatan justru akan berinteraksi dengan medan magnet bumi.




2. Planet Lain Juga Memiliki Aurora
Sama seperti planet Bumi, planet lain selain bumi pun juga memiliki aurora. Dibandingkan dengan Bumi, aurora pada planet Jupiter dan Saturnus jauh lebih besar, dikarenakan kedua planet tersebut memiliki medan magnet lebih intens dibandingkan dengan Bumi.

3. Cahaya Aurora Dapat Berpindah Ke Selatan
Cahaya aurora terkadang dapat terlihat lebih jauh dari kutub berbeda dengan biasanya. Ketika aktivitas matahari tinggi, batas selatan untuk melihat aurora dapat terlihat hingga Oklahoma dan Atlanta, seperti kejadian bulan Oktober 2011. 

4. Api Yang Dingin
Bentuk aurora dapat terlihat seperti api, akan tetapi tidak terasa seperti api. Ribuan derajat Farenheit merupakan suhu diatas atmosfer., panas tersebut didasarkan pada rata-rata molekul. Dengan kepadatan udara yang rendah saat aurora terjadi diketinggian 60 mil (96 kilometer), sehingga termoter akan mencatat suhu dibawah nol.




5. Tidak Dapat Diprediksi Fenomena Aurora
Mengetahui bentuk medan magnet di lontaran masa Korona atau Corona Mass Ejection (CME) merupakan salah satu masalah yang paling sulit dalam Fisika surya, pada dasarnya merupakan gumpalan besar dan partikel bermuatan yang dikeluarkan dari matahari. Lontaran masa korona tersebut memiliki magnet mereka sendiri. Masalahnya hampir mustahil untuk mengetahui kemana medan lontaran magnet menuju hingga terjadi tabrakan. Ketika tabrakan akan menciptakan badai magnetik yang spektakuler dan menghasilkan aurorayang begitu indah atau dapat tidak tampak sama sekali.   


EmoticonEmoticon