6 Jenis Ikan Cupang Yang Biasa Dipelihara dan Dibudidaya Karena Keindahannya

Ikan Cupang siapa yang tidak kenal dengan jenis ikan hias yang satu ini, karena keindahan warnanya yang membuat banyak penghobi mengoleksi jenis ikan hias ini. Ikan Cupang adalah jenis ikan air tawar yang habitat aslinya beberapa berasal dari Asia Tenggara seperti Indonesia, Thailand, Malaysia dan Vietnam. 

Dengan bentuk dan karakter yang unik cenderung agresif dalam mempertahankan wilayahnya menjadikan daya tarik tersendiri bagi para penghobi pemelihara ikan Cupang. Tapi taukah kamu berikut jenis ikan Cupang yang biasa dipelihara dan dibudidayakan di Indonesia.
1. Ikan Cupang Halfmoon (Setengah Bulan)
Ikan Cupang jenis ini memiliki ciri pada bentuk sirip dan ekor yang simiteris menyerupai bentuk setengah bulan. Bentuknya yang khas merupakan hasil perkawinan silang yang dilakukan oleh breeder dari Amerika Serikat yaitu Peter Goettner sekitar tahun 80'an.

Kecantikan ikan Cupang jenis halfmoon ini tidak hanya terlihat pada sirip dan ekornya tetapi hampir pada keseluruhan tubuhnya. Terlihat anggun dengan keindahan warnanya  juga.




2. Ikan Cupang Crown Tail (Serit)
Disebut demikian karena memiliki ekor dan sirip berbentuk seperti ekor mahkota. Ikan Cupang jenis ini berasal asli dari Indonesia, merupakan hasil perkawinan yang dikembangkan oleh breeder asal Indonesia.

Terdapat beberapa jenis ikan Cupang Serit/CrownTail seperti serit tunggal, serit dua/double dan jenis King Crowntail.

"Cupang Serit"

3. Ikan Cupang Plakat (Petarung)
Jenis ikan Cupang ini adalah perkawinan silang yang dihasilkan dari ikan cupang jenis aduan dan ikan cupang liar. Ikan cupang jenis plakat ini berasal dari Thailand. Diberi nama Plakat (Bahasa Thailand) yang artinya aduan atau petarung. 

Dengan bentuk sirip dan ekor yang pendek yang memberikan kesan kekar dan berani. Gerakan dari jenis ikan Cupang ini juga tidak seanggun gerakan ikan cupang hias lainnya seperti halfmoon dan crowntail. 


"Ikan Cupang Jenis Plakat"



4. Ikan Cupang Double Tail (Cagak)
Ikan cupang jenis ini memiliki dua sirip ekor yang terbelah dua dengan ukuran yang sama besar dan lebar antara bagian atas dan bawah. Dan memiliki pangkal sirip punggung dan sirip anal yang sama panjang. Akan membentuk lingkaran utuh jika jenis ikan cupang ini mengembangkan sempurna kedua sirip ekornya.


"Ikan Cupang Double Tail / Cagak"



5. Ikan Cupang Giant (Raksasa)
Seperti namanya, ikan cupang jenis ini memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan jenis lainnya. Para breeder Thailand yang pertama kali mengembangkan jenis ikan ini. Dengan panjang 12 cm merupakan ukuran paling besar dari ikan cupang jenis ini. Jenis cupang raksasa merupakan perkawinan silang antara cupang plakat (aduan/petarung) dengan jenis cupang lainnya.


"Ikan Cupang Jenis Giant/Raksasa"



6. Ikan Cupang Liar
Pada dasarnya semua jenis ikan cupang berasal dari alam liar, dengan warna dan sisik yang indah maka banyak orang berlomba-lomba dan membudidayakan ikan cupang liar dengan cara mengawinkan silang dengan jenis ikan hias lainnya. Dengan hasil perkawinan yang lebih beragam dan memiliki warna dan sisik yang lebih indah dari ikan cupang liar sebelumnya.


"Jenis Ikan Cupang Liar"

Jadi jenis ikan cupang mana yang kamu sukai atau bahkan kamu berminat untuk membudidayakannya?





EmoticonEmoticon