Taukah Kamu? 8 Fobia Ini Tidak Biasa dan Terdengar Aneh

Fobia, apakah kamu punya fobia terhadap sesuatu yang tak biasa? Fobia sendiri dapat dikatakan adalah rasa berlebih terhadap suatu hal atau fenomena yang dirasakan seseorang. Karena trauma atau hal lain bisa memicu fobia. Ada 500 jenis fobia yang tercatat di dunia, berikut 8 macam fobia yang tak biasa yang mungkin belum pernah kamu dengar dengan sebelumnya.

1. Xanthopobia
Penderita fobia jenis ini akan merasa takut jika melihat warna kuning, bahkan jika mendengar warna kuning penderita dapat berteriak. Kebanyakan kasus yang diderita oleh Xanthopobia dikarenakan trauma pada masa kecil dengan warna kuning, sehingga warna kuning menjadi trauma sendiri bagi mereka.



2. Anthophobia
Manusia normal pada umumnya sangat suka sekali melihat bunga, karena bunga dianggap melambangkan simbol kecantikan hingga seringkali dijadikan nama seseorang, tapi tidak bagi penderita Anthophobia. Penderita Anthophobia ketika melihat bunga dapat menimbulkan kecemasan dan kegelisahan meskipun tidak sampai menimbulkan ancaman.



3. Triskaidekaphobia
Banyak mitos mengenai angka 13 (tiga belas) sebagai angka pembawa sial, beberapa dari kita percaya tidak percaya dengan mitos tersebut. Bagi penderita Triskaidekaphobia angka 13 menjadi sebuah ketakutan tersendiri, akan gelisah dan takut jika menemui segala sesuai yang berbau angka 13 dan takhayul.



4. Haphephobia
Jenis fobia ini dialami oleh penderita jika disentuh oleh orang lain, bagi penderita sentuhan tersebut dirasakan sebagai sebuah pelanggaran ruang privasi. Penderita akan merasa cemas, tak nyaman, mual, panik dan berkeringat. Terkadang hanya dengan tepukan dapat membuat penderita merespon negatif. Kekerasan fisik atau pelecehan merupakan penyebab fobia ini.

"Haphephobia"

5. Ichthyphobia
Fobia ini diderita oleh orang yang sangat ketakutan jika melihat ikan, takut saat nelihat mata ikan yang besar dan tubuh ikan yang berlendir. Penderita akan menghindari laut atau makanan laut yang terbuat dari ikan. 

"Ichthyphobia"

6. Heliophobia
Matahari dan sinarnya sangat ditakuti oleh penderita Heliophobia, sebisa mungkin penderita jenis fobia ini akan menghidari matahari dan sinarnya. Rasa takut yang berlebih membuat penderita seperti vampir sampai-sampai mereka akan menutup celah-celah rumahnya agar sinar atau cahaya matahari tidak masuk ke dalam rumah.

"Heliophobia"

7. Pentheraphobia
Apakah pasangan Anda mengalami jenis fobia ini? Karena fobia ini akan merasa takut yang berlebihan saat menghadapi ibu mertua mereka. Penderita akan merasa cemas, takut dan mual jika harus bertemu dengan ibu mertua karena khawatir dirinya akan melakukan hal-hal yang dianggap memalukan.
"Pentheraphobia"


8.Ombrophobia.
Bagi penderita Ombrophobia akan sangat mengerikan jika melihat hujan. Bahkan dapat menjerit jika terkena tetesan air hujan. 
"Ombrophobia"


Apakah Kamu mengidap salah satu dari fobia diatas? Semoga tidak...

Belum ada Komentar untuk "Taukah Kamu? 8 Fobia Ini Tidak Biasa dan Terdengar Aneh"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel