10 Gurun Terluas Di Dunia

Selain laut, sebagian besar dunia khususnya di daratan terdiri akan gurun. Gurun sendiri adalah sebuah daratan yang memiliki intensitas curah hujan yang sangat rendah. Biasanya daerah gurun dalam satu tahun hanya mendapatkan curah hujan sebesar 250 mm. Karena intensitas hujan yang rendah, maka banyak orang beranggapan bahwa daerah gurun hanya memberikan kontribusi yang kecil bagi kehidupan. 

"Ilustrasi Gurun"

Dikarenakan memiliki kawasan yang kering, dan sangat cocok menjadi tempat untuk mengawetkan benda sejarah seperti fosil dengan nilai sejarah yang tinggi. Gurun sendiri memiliki beberapa elemen sehingga gurun dapat terbentuk, seperti bukit berpasir dan permukaan berbatu. Dari seluruh benua di bumi memiliki gurun, gurun sendiri terbagi menjadi 4 macam berdasarkan letak geografisnya, yaitu gurun kutub, gurun sub tropis, gurun musim dingin dan gurun pasir. Berikut daftar 10 gurun terluas didunia.
1. Gurun Antartika
Antartika sendiri berada di kutub selatan, tepatnya berada di kawasan antartik di Hemisfer Selatan. Pada tahun 1890 seorang pelukis peta kartografer yang berasal dari Skotlandia memberikan nama pada benua tersebut, yang memiliki arti berlawanan dengan utara. Karena hampir 98% benua ini diselimuti oleh batu es yang sangat tebal hingga disebut sebagai sebuah gurun.

Dengan luas mencapai 14 juta km persegi benua ini memiliki iklam yang sangat ekstrem dimana tingkat kelembaban udara sepanjang tahun sangatlah rendah. Wilayah antartika juga terdapat laju angin yang sangat tinggi sepanjang tahun, di wilayah pantai dan pedalaman daerah ini memiliki intesitas hujan yang sangat rendah sebesar 200 mm atau sekitar 8 inci. 

Hampir tidak ada manusia yang menghuni wilayah ini. Wilayah ini hanya dihuni manusia sebanyak 1.000 sampai dengan 5.000 jiwa saja. Hewan dan tumbuhan yang dapat hidup di benua antartika hanya yang mampu beradaptasi dengan suhu dingin. 


"Gurun Antartika"


2. Gurun Arktik
Gurun Aktik berada di wilayah Alaska, Greenland, Islandia, Rusia, Norwegia, Swedia, Kanada dan Filandia. Dengan luas wilayah sebesar 13.7 juta km persegi dengan intensitas hujan maupun salju yang sangat rendah sehingga tidak dapat menahan banyak air. Untuk spesies laut yang dapat bertahan hidup di gurun ini berbagai jenis ikan laut dan mamalia laut serta beberapa jenis burung.


"Gurun Arktik"



3. Gurun Sahara
Gurun Sahara adalah sebuah gurun padang pasir terluas di dunia. Luas gurun padang pasir ini mencapai 9 juta km pesegi, dengan luasnya yang membentang panjang hingga membagi benua Afrika menjadi dua bagian, yaitu Afrika Selatan dan Afrika Utara dimana disetiap sisi kedua benua tersebut memiliki jenis iklim dan budaya yang jauh berbeda. Gurun Sahara membentang mulai dari sisi samudra atlantik hingga ke laut merah, dari laut tengah bagian utara hingga Sahel bagian selatan dan dari Mauritania di sebelah barat hingga Mesir di sebelah timur.
Dengan luas mencapai 9 juta km pesergi menjadikan gurun pasir ini termaksud salah satu jenis gurun sub tropikal. Selain padang pasir gurun Sahara juga terdiri dari pegunungan gersang, dataran tinggi, cekungan dangkal dan beberapa oasis, selain itu terdapat juga dua aliran sungai yang membelah gurun Sahara, yaitu sungai Nil yang mengalir menuju utara melewati Sudan dan Mesir yang bermuara di Mediterania dan sungai Niger yang mengalir ke arah timur laut ke Mali dan gurun lalu berubah ke arah tenggara melalui Nigeria  dan bermuara di teluk Guinea.


"Gurun Sahara"


4. Gurun Arabia
Gurun yang terletak di semenanjung Arab ini dikategorikan sebagai gurun subtropis serta memiliki luas yang cukup besar mencapai 2.330.000 km persegi. Dan terletak mulai dari negara Yaman hingga mencapai teluk Persia dan dari Oman hingga Irak. 


"Gurun Arabia"


5. Gurun Gobi
Gurun dengan kategori gurun musim dingin ini terletak di negara China dan merupakan gurun terluas di negara ini berada di sisi selatan Mongolia. Dengan luas gurun Gobi yang mencapai 1.300.000 km persegi ini memiliki beberapa daerah geografis  dan ekologi yang unik disebabkan adanya pekrbedaan topografi dan iklim.



Gurun Gobi sendiri berbatasan langsung dnegan Tibet disebelah barat daya, sedangkan disebelah utara berbatasan dengan pegunungan Altai dan juga padang rumput Mongolia dan disebelah tenggara berbatasan langsung dengan dataran Cina.


"Gurun Gobi"


6. Gurun Kalahari
Gurun Kalahari yang berada di bagian selatan Afrika ini termaksud dalam gurun golongan subtropis. Dengan luas gurun yang mencapai 900.000 km persegi ini membentang dari sebagian besar Bostwana dan bagian dari Afrika selatan terutama Namibia serta mengalami curah hujan hanya mencapai 3-7 inci per tahunnya.


"Gurun Kalahari"


7. Gurun Patagonia
Gurun Pataginia memiliki luas 670.000 km persegi, yang terletak di benua Amerika. Gurun ini sekaligus merupakan gurun terluas di benua Amerika. Gurun Patagonia termaksud dalam golongan gurun musim dingin, gurun ini juga dikenal dengan nama Stepa Patagonia.


"Gurun Patagonia"


8. Gurun Great Victoria
Termaksud dalam golongan gurun sub tropis dan merupakan gurun terluas di Australia dengan elemen berupa batu-batu kecil, danau garam serta dataran padang rumput. Dengan luas gurun Victoria mencapai 647.000 km persegi, suhu yang terjadi pada gurun in dapat mencapai 32-40 derajat celcius pada musim panas dan ketika musim dingin suhunya dapat mencapai 18-23 derajat celcius.


"Gurun Great Victoria"


9. Gurun Syrian
Gurun yang terletak di semenanjung Arab meliputi daerah Arab Saudi, Irak, Suriah dan Yordani ini memiliki luas mencapai 520.000 km persegi. Gurun ini termaksud ke dalam golongan gurun sub tropis, kombinasi antara padang dan gurun. Gurun Syria juga dikenal dengan sebutan gurun Siro Arab.




"Gurun Syrian"


10. Gurun Great Basin
Salah satu guru yang terletak di Amerika Serikat dengan luas mencapai 492.000 km persegi. Gurun ini termaksud ke dalam golongan gurun musim dingin yang berada di perbatasan Amerika Serikat dengan Meksiko.


"Gurun Great Basin"


EmoticonEmoticon