12 Fakta Hujan Yang Belum Banyak Diketahui

"Air Hujan"


Indonesia sebagai negara yang terletak di garis khatulistiwa hanya memiliki dua siklus musim secara bergantian, yaitu musim panas dan musim hujan. Berbeda dengan negara-negara lain seperti di Eropa, Jepang dan Amerika yang memiliki empat musim yaitu musim panas, dingin, semi dan musim gugur. 

Sebagai negara yang kerap kali diguyur hujan, taukah kamu beberapa fakta menarik tentang hujan. Berikut 12 fakta menarik tentang hujan yang mungkin beberapa belum kamu ketahui.

1. Hujan yang turun jatuh dari langit memiliki kecepatan jatuh 8-10 km/jam, setara dengan orang yang berjalan kaki dengan kecepatan sedang.

2. Dengan ketinggian 1.200 meter adalah minimum ketinggian awan hujan.

"Awan Hujan"


Baca juga: 8 Fobia Aneh dan Tidak Biasa

3. Satu tetes hujan menyebabkan efek seperti jatuhnya benda seberat 1 kg dari ketinggian 15 cm.

4. Awan hujan juga dapat dijumpai pada ketinggian 10.000 meter, buat kamu yang naik pesawat jangan heran jika diatas langit masih ada hujan.

5. Titik hujan yang jatuh ke bumi dalam bentuk khusus menyebabkan air hujan memiliki kecepatan rendah ketika turun ke bumi yang disebabkan adanya gesekan atmosfer. Jika titik hujan berbeda atau atmosfer tidak memiliki titik gesekan maka yang akan terjadi adalah air hujan akan membentuk gelembung besar turun dari langit yang dapat menyebabkan kehancuran bumi.

6. Air dapat menguap hingga 16 juta ton dari bumi hanya dalam satu detik. 

Baca juga: 30 Fakta Golongan Darah O

7. Jumlah tersebut sama dengan jumlah air yang turun ke bumi dalam satu detik. Sehingga dalam satu tahun jumlah air hujan yang jatuh ke bumi mencapai 505x1012 ton air. Dan akan terus berputar sesuai dengan siklusnya berdasarkan takaran yang seimbang.



8. Tetesan air hujan mengalami perubahan bentuk hingga ratusan kali tiap detik sebelum jatuh ke bumi.

9. Air hujan yang dibekukan dapat memberikan bentuk kristal yang indah dan berbeda jika dibandingkan dengan dibekukan dalam lemari pendingin.

Baca juga: 6 Negara Pemegang Paspor 'Sakti' Di Dunia

10. Senyawa bernama 'Petrichor' akan muncul berupa bau wangi yang khas yang dikeluarkan oleh tanah, ilalang, dan rerumputan tidak lama setelah turun hujan.



11. Hujan memiliki kemampuan untuk menghipnotis manusia dalam bentuk resonansi ingatan masa lalu, karena didalam hujan ada lagu yang hanya bisa didengar oleh mereka yang rindu.

12. Dan biasanya pada saat hujan manusia mendapatkan banyak inspirasi.

Jadi apakah kamu sudah mendapatkan banyakk inspirasi jika hujan turun? 

Baca juga: 5 Negara Dengan Waktu Puasa Terlama Tahun 2016


EmoticonEmoticon